Senin, 24 Desember 2012

SENANG BISA MENGINSPIRASI PART 1

Bismillahirrohmnirrohim

Tahun 2012 menjadi moment yang menginspirasi bagi saya. Disebut moment inspirasi karena banyak peristiwa yang membuat saya bertanya-tanya "Koq bisa ya?". Pasalnya, banyak peristiwa luar biasa yang terjadi yang tidak saya sangka-sangka bisa terwujud. Jawabnya Allah lah yang Maha Lebih Tahu, manusia, khususnya saya hanya BERDOA terus ACTION. Masalah jadi atau ga jadi itu tanggung jawabnya Gusti Allah. Allah Maha Tahu kebutuhan hambaNya.

Salah satu moment yang membuat saya bingung adalah prestasinya saya sebagai Finalis 22 Mahasiswa Berprestasi (MAPRES) ITS tahun 2012. Dan semakin bingung lagi ketika dapat penghargaan MAPRES 3 Tingkat Fakultas FTSP, yang secara tidak langsung menjadikan saya yang terbaik di tingkat jurusan sebagai MAPRES 1 PWK ITS 2012. Alhamdulillah, syukurilah itu anugerah Allah SWT.



Sebenarnya Mahasiswa Berprestasi ITS merupakan salah satu DREAM saya di tahun 2012, dan alhamdulillah terwujud luar biasa atas bantuanNya. Saya tidak mematok juara, tapi saya hanya mematok bahwa saya adalah salah satu mahasiswa berprestasi ITS. Karena keyakinan saya, mahasiswa berprestasi itu bukan mahasiswa bergelar JUARA, tapi mahasiswa yang mampu memberi dan bermanfaat bagi orang lain dan lingkungan sekitar. Kompetisi Mahasiwa Berprestasi hanyalah batu loncatan untuk menjadi mahaiswa yang lebih baik lagi, sedangkan gelarnya adalah bonus yang Allah kasih atas kontribusi kita selama menjadi mahasiswa.

Semenjak itu, sering sekali dapat tawaran menjadi pemateri dan motivator Mahasiswa Berprestasi di lingkungan kampus. Hingga akhir tahun ini, ada 4 jurusan di FTSP yang sudah saya jangkiti virus PRESTATIF seperti jurusan Arsitektur, Teknik Geomatika, Teknik Lingkungan dan Jurusan tercinta Perencanan Wilayah dan Kota. Senang sekali bisa sharing pengalaman selama menjadi mahasiswa mulai awal saat menjadi mahasiswa baru yang culun sampai sekarang menjelma menjadi mahasiswa setengah dewasa. Hahaha...

Ketika membawa materi, selalu saya awali dengan keinginan untuk merubah mindset peserta tentang paradigma MAHASISWA BERPRESTASI. Prestasi merupakan salah satu indikasi kesuksesan orang. Tapi apakah prestasi itu indikasinya Juara?. Seringkali, mahasiswa berpikir pragmatis terhadap isu Mahasiswa Berprestasi. Paradigma yang berkembang adalah mahasiswa berprestasi itu hanya bagi mereka yang mahasiswa cupu dengan IPK coumlade dan segudang prestasi juaranya. Padahal paradigma yang demikian memutus harapan bagi teman-teman mahasiswa yang memiliki IPK cukup pas-pas an. Kasihan banget, padahal sebagian dari mereka telah memiliki karya terapan yang fenomenal yang telah bermanfaat bagi masyarakat. Atau kalo enggak, sebagian mahasiswa yang ketika diajak untuk berkompetisi di ajang ini sudah "kalah" duluan sebelum sampe ke medan perang, artinya mereka tidak mau sekedar daftar karena takut tidak layak, belum persiapan, dan alasan ini itu lah.Hmmm.....

Kawan-kawan kenal dengan Si Anak Singkong atau Chairul Tanjung? Atau tokoh dunia STEVE JOBS?. Siapakah beliau? Apa kerjaannya? apa dia punya IPK coumlade? Apa dia pernah berprestasi semasa kuliahnya, juara ini itu? tapi apa yang orang katakan tentang mereka?.

bersambung...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar